merantau

11:15 AM



Pernah denger nggak ungkapan seperti, "Merantaulah, maka akan jadi lebih sehat", atau "Merantaulah, niscaya kamu akan jadi lebih kaya," dan sebaigainya. Intinya "Merantaulah, maka hidupmu akan lebih baik".
Buat saya ungkapan itu benar adanya, soalnya dengan merantau kita bisa bertemu orang baru, suasana baru, lingkungan baru, dan pikiran yang baru. Jadi hidupnya nggak gitu-gitu aja.
Ngliat Pak Andri yang berkerja berpindah-pindah kota membuat saya terinspirasi buat pindah-pindah kota juga. Tujuan saya buat pindah dari kota kelahiran saya sebenarnya untuk mendapatkan hidup yang lebih baik, selebihnya biar bisa mengenal kultur daerah-daerah lain.
Dimulai dari Solo, Jakarta, dan sekarang saya ada di Bandung.
Tuhan emang maha keren dan maha gokil, dulu saya minta Bandung buat sekolah, tapi ternyata Tuhan ngasih saya Solo buat tempat saya cari ilmu. Saya minta Jakarta buat cari uang, tapi ternyata Tuhan ngasih saya Bandung buat tempat saya cari rezeki. Sempat awal-awal kuliah saya masih suka ngeluh, kenapa Tuhan ga ngasih saya Semarang aja buat kuliah biar saya bisa pacaran. Terus sekarang kenapa Tuhan ngirim saya ke Bandung bukan ke Jakarta aja biar saya lebih deket lagi pacarannya. Tapi ternyata setelah saya berpikir jerinih, apa yang Tuhan kasih ke saya itu sangat pas dan tepat. (Ahahah pantesan Tuhan ga ngasih, wong alasannya biar pacarannya deket :p)
Dengan dikirimkannya saya ke Solo, kota yang sebelumnya belum pernah saya bayangkan untuk tinggal, saya bisa kenal kota-kota di sekitar Solo, saya kenal Yogyakarta, Semarang, bahkan Bandung dan Jakarta. Mungkin kalo saya tinggal di Semarang, saya ga kepikiran buat eksplor Solo. Dan faktanya, Solo adalah tempat yang ngangenin, di sana saya menemukan sahabat-sahabat dan tempat-tempat keren dan kuliner yang nggak semua kota punya. Di Solo juga membuat saya untuk bisa pergi ke kota yang lebih besar dari Solo, saya ngejar biar bisa magang di Jakarta, hahaha iya saya penasaran banget buat tinggal di kota yang kata orang adalah kota metropolitan.
Dan sekarang, saya kerja di Bandung. Awal-awal saya di sini juga penuh pertanyaan. Kenapa saya dimasukan ke unit ini? kenapa ga ke yang lain yang sesuai dengan background pendidikan saya? Kenapa saya nggak diterima kerja di penerbit seperti cita-cita saya sebelumnya? Tapi semuanya terjawab sudah ketika saya sudah bisa ikhlas. Saya yakin Tuhan ngirim saya kesini untuk belajar hal-hal baru di luar zona nyaman saya. Tuhan mungkin juga sedang ngasih tau saya kalau Tuhan sayang sama saya karena dari puluhan ribu orang saya bisa dengan mulusnya diterima kerja di sini. Atau Tuhan juga sedang mencoba mengabulkan doa saya untuk mengenal kota-kota lain. Dengan tinggal di Bandung, saya bisa kenal lebih dekat dengan Jakarta karena setiap Minggu saya ke Jakarta untuk ambil short course. Dengan kerja di sini juga saya bisa keliling daerah di Jawa dan Sumatra.
Belum lagi saya bisa belajar karakter-karakter orang. Ini penting banget, biar kita terbiasa untuk bagaimana bersikap ketika berhadapan dengan banyak orang.
Jadi, merantaulah, agar kotak pengalaman yang kamu punya penuh dengan hal-hal baru yang tidak terduga.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe